Jangan Pernah Mengecilkan Orang Kecil....

Published on by Harry Riko Andhiko

Ketika saya masih kuliah di Bandung, saya pulang ke Jakarta memakai jasa KAI Parahyangan pada saat itu. Di kereta dalam perjalanan menuju Jakarta, saya duduk bersebelahan dengan seorang bapak. Beliau banyak bercerita tentang pengalaman dia kepada saya. Ada satu cerita beliau yang sangat berkesan kepada saya tentang sebuah perusahaan Odol/Pasta Gigi yang mengalami penurunan omset yang sangat drastis. Hal ni membuat perusahaan goyang dan terancam tutup atau bangkut. Ini akan berdampak panjang karena akan terjadi PHK besar-besaran. Tapi tidak semua karyawan tahu akan keadaan perusahaan saat itu, terutama security (yang hanya tau tentang tugas untuk keamanan perusahan tersebut). Para Top Management sibuk mengadakan Meeting/Rapat untuk penyelamatan perusahaan. Mereka menggelar meeting sampai ke Bali. Dari beberapa kali Meeting/Rapat yang diadakan, tidak satupun rapat yang menghasilkan solusi, sementara dana yang dikeluarkan untuk meeting/Rapat tersebut sudah banyak. Melihat gonjang-ganjing para top management tersebut, seorang security bertanya kepada salah satu karyawan, "ada apa sebenarnya yang terjadi?? kenapa para management kelihatan sibuk dan tegang??"

Dijawab oleh karyawan tersebut "kondisi perusahaan saat dalam keadaan goyang, dan para management sedang mencari solusi bagaimana agar omset perusahaan ini dapat meningkatkan , dan perusahaan selamat dari kebangkrutan"

Security tersebut menjawab " kalau ingin meningkatkan omset perusahaan, itu mah hal yang sederhana, gak usah repot-repot sampai Rapat-rapat ke Bali segala, Cukup dibesarkan saja diameter lobang mulut odol/pasta itu dari ukuran biasanya, otomatis omset pasti akan meningkat".

Ide dari security ini memang sederhana, tapi sangat logis. Kalau diameter mulut odol itu diperbesar, otomatis pemakaian odol akan cepet dari yang biasanya, dan produksi akan meningkat, berbanding lurus dengan meningkatnya omset.

Akhirnya ide yang sederhana dari security inilah yang dipakai untuk menyelamatkan perusahaan tersebut dari kebangkrutan, dan ....BEHASIL..!! Perusahaan tidak jadi bangkrut. Karyawan tidak jadi di PHK, dan keluarga karyawan yang terselamatkan...

Hal ini dapat kita petik sebagai suatu pelajaran, Janganlah pernah memandang rendah atau kecil setiap orang, belum tentu orang kecil atau yang jabatannya rendah sekalipun, punya pikiran dan ide kecil...banyak ide-ide yang brilian muncul dari mereka. Dan janganlah pernah malu untuk belajar dari siapapun walaupun itu bawahan kita.

Semoga bermanfaat

Sentul, 5 Februari 2015, 16.47 wib

HRA

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post